Announcements

Book for review

2017-08-30

Terkait tema penulisan Jurnal Sejarah Vol.1/1 (2018) tentang kota dalam sejarah Indonesia, redaksi mengundang para penulis menyampaikan ulasannya terhadap buku-buku terkait tema edisi tersebut yang terbit dalam rentang waktu lima (5) tahun terakhir. 

Read more about Book for review

Current Issue

Vol 1 No 1 (2017): ISLAM DI INDONESIA: PERKEMBANGAN GLOBAL, NASIONAL, DAN LOKAL

Penerbitan Vol. 1/1 (2017) secara khusus mengangkat persoalan Islam di Indonesia. Sejumlah artikel yang terbit dalam edisi ini mengangkat berbagai topik tentang interaksi dan keterlibatan Islam di Indonesia dengan jaringan global, penyebaran kegiatan keagamaan di berbagai tempat di Indonesia, perkembangan politik dan saling singgung pengaruh ajaran Islam di dalam lingkup budaya lokal masyarakat Indonesia. Selain artikel utama, edisi ini juga menampilkan wawancara yang mengangkat tema aktual sejarah Indonesia. 

  

Acknowledgement

Redaksi mengucapkan terima kasih kepada Dr. Annabel Teh Gallop (Lead Curator, Southeast Asia, The British Library); Dr. Bondan Kanumoyoso (Universitas Indonesia); Dr. Elsa Clavè (EHESS Ecole des Hautes Etudes en Sciences Sociales, France); Dr. Jajat Burhanudin (UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta); Professor John Ingleson (University of New South Wales, Australia); Professor John Roosa (University of British Columbia, Canada); Dr. Purnawan Basundoro (Universitas Airlangga); Professor Robert Cribb (Australian National University, Australia); Dr. Sri Margana (Universitas Gadjah Mada); dan Dr. Yuke Ardianti (Universitas Pancasila) yang telah membantuk proses review artikel Jurnal Sejarah, Vol. 1/1 (2017).

Gambar cover: Rapat umum Sarekat Islam cabang Blitar. Sumber: KITLV-Media
Published: 2017-08-28

Editorial

Ringkasan Disertasi

View All Issues

Jurnal Sejarah adalah jurnal internasional yang memfokuskan perhatian terhadap kajian sejarah Indonesia yang menampilkan beragam sudut pandang dan perspektif sesuai bidang studi dan keahlian para sarjana yang menekuni kajian sejarah Indonesia. Jurnal ini terbit dua kali setahun (Agustus dan Februari) dengan kebijakan akses terbuka (open access) dan penilaian sejawat (peer-reviewed). Artikel yang terbit dalam jurnal terlebih dahulu melalui proses double-blinded review dari reviewer yang memutuskan apakah suatu artikel layak diterbitkan atau tidak. Terbit pertama kali sejak 1990, Jurnal Sejarah diharapkan dapat menjadi sarana komunikasi bagi para sejarawan dan para sarjana dalam rumpun kajian humaniora dan ilmu sosial terkait persoalan sejarah Indonesia dan sekaligus menjadi pijakan dalam menilai sejauh mana perkembangan kajian sejarah Indonesia. Mulai edisi tahun 2017, Jurnal Sejarah terbit secara online dengan frekuensi dua kali pada Agustus  dan Februari setiap tahunnya.