Review Buku

Ulasan Buku merupakan bagian penting dalam setiap edisi penerbitan Jurnal Sejarah. Redaksi memandang arti penting ulasan buku sebagai apresiasi terhadap suatu karya serta tinjauan kritis yang mendalam dan mewakili keahlian penulis ulasan buku tentang topik yang menjadi pembahasan dalam buku yang disajikan. Ulasan buku juga menempati arti penting dalam beberapa hal seperti:

1. Upaya mempromokasikan karya tulis para sejarawan dan penulis lainnya tentang sejarah Indonesia (dalam bahasa Indonesia dan asing lainnya). 

2. Mengembangkan tradisi kritis melalui ulasan yang dibuat dengan tujuan meningkatkan keahlian di dalam bidang kajian yang menjadi perhatian penulis buku dan pengulasnya;

3. Mengembangkan kesadaran tentang studi-studi yang telah dilakukan terkait sejarah Indonesia; 

4. Mendorong perhatian pembaca yang luas terhadap bidang kajian yang menjadi perhatian penulis buku dan termasuk tema utama dalam Jurnal Sejarah.  

 

PETUNJUK UMUM

1. Jurnal Sejarah menerbitkan ulasan buku, baik buku-buku yang baru terbit, atau yang kemudian dianggap penting terkait tema-tema tertentu yang menjadi perhatian jurnal dalam setiap edisi penerbitan. Suatu karya lama yang pernah terbit akan tetap penting menjadi bahan ulasan apabila dianggap memberi sumbangan pada satu pemikiran yang akan disampaikan pengulas. Ada juga kemungkinan bahwa suatu karya lama layak menjadi ulasan karena statusnya yang dianggap sebagai "karya klasik" dalam kajian sejarah Indonesia, atau sebagai bahan perbandingan terhadap buku sejenis yang baru terbit. 

2. Ulasan buku bukanlah sebuah deskripsi atau laporan tentang isi buku. Jurnal Sejarah tidak menyarankan sbuah ulasan yang menampilkan daftar pembahasan setiap bab buku. Sebuah ulasan yang baik menyampaikan sebuah tinjauan (overview) terhadap kekuatan dan kelemahan buku.

3. Ulasan harus memberikan gambaran yang cukup jelas mengapa aspek-aspek tertentu yang terdapat di dalam buku yang dibahas layak diperhatikan atau bermanfaat bagi para pembaca;

4. Ulasan mengandung tinjauan tentang implikasi yang terkandung dalam buku terhadap bidang kajian, dan apakah buku tersebut layak mendapat perhatian para pembaca? Apa bagian terbaik atau kekurangan terbesar di dalam buku tersebut? 

5. Pada bagian akhir biasanya ulasan menampilkan saran, kritik,  dan kesan penulis apakah buku ini merupakan sebuah karya penting yang layak untuk diperhatikan bagi para pembaca dalam memahami sejarah Indonesia.

 

PETUNJUK KHUSUS

1. Sebutkan judul buku lengkap, termasuk nama penulis, tanggal dan tahun terbit, penerbit, jumlah halaman, harga, dan nomor ISBN;

 

2. Panjang tulisan dalam ulasan buku mencapai antara 600 - 1200 kata; Apabila ulasan ditulis  dalam bentuk esai mencakup satu topik dari beberapa buku yang menjadi pembahasan, panjang ulasan maksimal mencapai sekitar 2500 kata; 

3. Gunakan standar pengutipan seperti yang digunakan dalam penulisan artikel di dalam jurnal ini;

4. Redaksi berhak melakukan perbaikan terhadap tanpa mengubah substansi yang disampaikan. 

 

MODEL PENULISAN

Bagi para penulis yang ingin mengirimkan ulasan buku, terdapat beberapa contoh yang dapat digunakan sebagai model dalam penulisannya: 

1. Deliar Noer, Mohammad Hatta: Biografi Politik. Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Pendidikan, dan Penerangan ekonomi dan Sosial (LP3ES), Jakarta, 1990. 778 hlm. Bibliografi, Indeks, Foto.

2. Jan Paul Dirkse (a.o). Development and social welfare: Indonesia's Experience under the New Order. Verhandelingen van het Koninklijke Instituut voor Taal-,land-, en Volkenkunde, Leiden, KITLV Press, 1993.