Announcements

Bencana dan Ilmu-ilmu sosial

2019-01-22

Secara geografis, Indonesia terletak di pertemuan tiga lempeng tektonis. Ada dua konsekuensi dari hal itu: pertama, terdapat gunung berapi yang juga membuat tanah-tanahnya relatif lebih subur; kedua, kondisi geografis itu juga membuat Indonesia menjadi tempat yang rawan bencana. Dan memang, catatan-catatan mengenai peristiwa bencana yang terjadi di kepulauan ini bisa ditelusuri sampai jauh di masa lalu, sebagaimana terekam dalam naskah-naskah lokal dan catatan orang-orang Eropa sejak abad ke-17. Semuanya semakin memperkuat bahwa kepulauan Nusantara merupakan wilayah yang sangat rentan bencana.

 

 

 

 

Read more about Bencana dan Ilmu-ilmu sosial

Current Issue

Vol 4 No 1 (2021): Historiografi Sejarah Perempuan: Kritik, Metodologi dan Capaian

Jurnal Sejarah edisi 4/1 mengangkat tema tentang perkembangan penulisan sejarah perempuan di Indonesia. Para penulis dalam edisi ini memberikan perspektif mereka tentang bagaimana sejarah perempuan ditulis, termasuk metodologi yang dapat dikembangkan dalam penulisan sejarah perempuan. 

Disclaimer: Foto cover diambil dari Kartinischool di Pekalongan. Sumber: Jubileum-Verslag Uitgegeven Ter Gelegenheid Van Het 25-Jarig Bestaan Der Vereeniging Kartinifonds, 27 Juni 1913-27 Juni 1938.  

Published: 2021-07-31
View All Issues